Sabtu, 31 Mei 2014

Materi Bahasa Indonesia (E-Learning)

Nama    : Mahsadini Putri Rahmagusti
No.reg  : 5235134408
Kelas    : Kamis jam ke-2 

Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester               : VIII /  1

A.       MENDENGARKAN
           Standar Kompetensi :  Memahami wacana lisan berbentuk laporan

I.        Kompetensi Dasar 
                I.I    Menganalisis laporan
                I.2    Menanggapi isi laporan
II.     Indikator                 
     1.       Mendengarkan, menangkap isi, dan menanggapi pembacaan laporan;
     2.       Menanggapi laporan teman dengan cara bertanya, berpendapat, dan memberi masukan dengan bahasa yang komunikatif

       
I.I   Menganalisis Laporan
  
URAIAN MATERI

       Langkah penting yang perlu kamu lakukan agar dapat menganalisis sebuah laporan perjalanan adalah mencatat pokok-pokok laporan ( 5W + 1 H ).
       Supaya dalam menganalisis laporan yang kalian simak dapat memberikan hasil yang maksimal, kalian perlu memerhatikan hal-hal berikut.
1. Menyimak laporan dengan saksama, sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci.
2.     Melakukan pengecekan terhadap setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat
3.  Tidak mencampuradukkan fakta dan opini atau pendapat (yang cenderung bersifat subjektif).
4.       Melakukan kajian terhadap kebenaran atau ketepatan hasil laporan tersebut.

Cermatilah contoh di bawah ini!
Contoh 1

Simpanse Cerdas Kabur dari Kebun Binatang

       Judy mungkin bisa digolongkan sebagai simpanse yang nakal, tetapi ia cerdas sekaligus rajin bekerja. Primata berbobot 60 kilogram itu melarikan diri dari kandangnya di Kebun Binatang Little Rock, Arkansas, AS, ketika penjaganya lengah, Selasa, 16 Januari 2007.Setelah berhasil kabur, dia langsung menyerbu dapur yang ada di kebun binatang itu dan mengambil jus buah serta minuman-minuman ringan. Dia membuka sendiri botol-botol minuman itu dan meneguk habisisinya.
       Kemudian, Judy pergi ke kamar mandi, mengambil sikat dan mulai membersihkan toilet. Mungkin toilet yang ada di kebun binatang itu kotor sehingga Judy gemas untuk membersihkannya. Seusai membersihkan toilet, Judy membuka kulkas yang dipenuhi dengan kue-kue khusus untuk simpanse dan menyantapnya.Penjaga kebun binatang, Ann Rademacher, mengatakan, simpanse berusia 37 tahun itu pernah menjadi hewan peliharaan di sebuah rumah sebelum dia dibawa ke kebun binatang pada tahun 1988. Tidak heran jika Judy cukup akrab dengan berbagai perabot dapur. Namun, aksi Judy dihentikan petugas kebun binatang. Petugas menembak Judy dengan obat penenang sehingga simpanse cerdas itu pun tertidur di atas kulkas.

Berdasarkan laporan tersebut, kamu dapat menganalisisnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti berikut :
1.  Apa yang dilaporkan ?
Jawaban :Seekor simpanse berusia 37 tahun yang perbah menjadi hewan peliharaan di sebuah rumah sebelum dia dibawa ke kebun binatang pada tahun 1988.
2.  Siapa Judy itu ?
Jawaban: Simpanse berbobot 60 kilogram yang nakal, tetapi ia cerdas sekaligus rajin bekerja.
3.  Mengapa ia kabur ?
Jawaban: Ketika penjaganya lengah.
4.  Kapan dan di mana kejadian itu ?
Jawaban: Selasa, 16 Januari 2007, dari kandangnya di Kebun Binatang Little Rock, Arkansas, AS.
5.  Bagaimana cara mengatasinya ?

Jawaban: Dihentikan petugas kebun binatang. Petugas menembak Judy dengan obat penenang sehingga simpanse cerdas itupun tertidur di atas kulkas.

I.2   Menanggapi Isi Laporan

URAIAN MATERI

           Tanggapan terhadap laporan dapat berupa pertanyaan, pengungkapan persetujuan dan ketidaksetujuan, tanggapan terhadap isi dan bentuk penyampaian laporan, serta kritik maupun pujian terhadap laporan tersebut.
Tanggapan terhadap isi laporan dapat ditujukan atau diarahkan pada :
1)      kelengkapan isi laporan
2)      kejelasan isi laporan
3)      keruntutan dalam menyampaikan isi laporan
          Hal yang harus selalu kalian ingat bahwa setiap tanggapan harus disertai dengan alasan yang masuk akal serta tidak keluar dari permasalahan yang menjadi inti isi laporan.


B.       KETERAMPILAN LISAN
             Standar Kompetensi :  Mengungkap berbagai informasi melalui wawancaradanpresentasi laporan

I.      Kompetensi Dasar 
       I.I     Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan      
                etika berwawancara
II.    Indikator      
       1.       Membuat daftar pertanyaan wawancara
       2.       Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan; mencatat pokok-pokok wawancara
       3.       Merangkum dan menyampaikan hasil wawancara dengan bahasa yang komunikatif

I.I    Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
URAIAN MATERI
Langkah-langkah wawancara
Sebelum melakukan wawancara, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh Pewawancara. Langkah-langkah tersebut antara lain :
a.       Menentukan topik wawancara.
b.      Menentukan pokok-pokok yang akan ditanyakan untuk berwawancara.
c.       Menyusun daftar pertanyaan untuk berwawancara.
d.      Menghubungi nara sumber.
e.      Menyiapkan alat-alat dalam berwawancara seperti; alat tulis atau alat perekam.
f.        Melakukan wawancara dengan nara sumber dengan cara yang sopan dan menggunakan ba hasa yang baik dan jelas.
g.       Menulis hasil wawancara.
h.      Mendiskusikan hasil wawancara.
i.         Menulis laporan hasil wawancara.

Ketika wawancara dengan narasumber, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan (etika/sopan santun), yaitu sebagai berikut:
a.       Datang tepat waktu sesuai dengan perjanjian
b.      Bersikap sopan santun,wajar dan ramah
c.       Dahulukan pertanyaan yang ringan dan sederhana
d.      Bertanya dengan kalimat yang jelas dan singkat sesuai dengan topik wawancara
e.      Hindari pertanyaan yang bersifat pribadi
f.        Mencatat hal-hal yang penting hasil wawancara dan menyimpulkannya sendiri
g.       Jangan menyela apabila narasumber sedang berbicara
h.      Selesai wawancara ucapkan terima kasih

Merangkum Hasil Wawancara
     Menyimak informasi dari kegiatan wawancara merupakan kegiatan yang bermanfaat karena dapat menambah wawasan terhadap topik yang diangkat.
   Rangkuman atau ringkasan adalah penyajian singkat dari sebuah tulisan asli atau hasil pembicaraan dengan tetap mempertahankan urutan-urutan isi atau pernyataan-pernyataan sesuai dengan karangan atau pembicaraan aslinya, serta tetap sesuai dengan sudut pandang penulis karangan atau pembicara.


C.       MENULIS
              Standar Kompetensi :Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, suratdinas,dan petunjuk

I.        Kompetensi Dasar 
                I.I    Menyampaikan laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar;
                I.2    Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif

II.    Indikator                 
                  1. Menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa yang komunikatif berdasarkan urutan 
                      ruang, waktu, atau topik
                  2. Melakukan kegiatan observasi untuk keperluan laporan
                  3. Menulis kerangka laporan
                  4. Menulis kerangka laporan ke dalam beberapa paragraf
                  5. Menyunting kembali tulisan sendiri dengan memperhatikan kebenaran struktur kalimatnya dan 
                      ketepatan penggunaan ejaan dan tanda bacanya

I.2   Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif

 URAIAN MATERI

          Kalian pernah melihat acara Jejak Petualang di Trans TV atau acara Jelajah di Trans 7? Nah, acara tersebut merupakan contoh dari laporan perjalanan. Laporan perjalanan adalah laporan yang berisi perjalanan ke suatu tempat, yang berupa perjalanan wisata, perjalanana pengamatan (observasi) suatu objek, atau perjalanan kunjungan ke suatu daerah tertentu.Laporan perjalanan berisi fakta-fakta mengenai semua hal yang berhubungan dengan kegiatan yang merupakan gambaran objektif dari semua hal yang dilakukan, baik pada persiapan, perjalanan, pengamatan atau kunjungan objek, maupun saat perjalanan pulang.
Laporan perjalanan biasanya berbentuk narasi atau paparan dan memuat hal-hal penting berikut:
1.       Judul
2.       Waktu pelaksanaan kegiatan
3.       Peserta
4.       Tempat atau lokasi yang dituju
5.       Tujuan mengadakan perjalanan
6.       Hasil perjalanan
     
    Hal-hal penting yang tercantum dalam laporan perjalanan disebut pokok-pokok laporan perjalanan. Laporan perjalanan disusun menurut pola urutan waktu. Hal ini berarti laporan perjalanan di susun dari awal sampai akhir perjalanan.


           SURAT DINAS 

                Surat dinas merupakan surat resmi yang di tulis oleh sebuah instansi atau organisasi tentang segala            sesuatu yang berhubungan dengan instansi, jawatan, atau organisasi. Surat dinas menggunakan bahasa            baku dan efektif.

           Surat Dinas memiliki bagian-bagian atau unsur-unsur penting, yaitu :
                  a.       Kepala/kop surat, terdiri dari:
      1.       Nama instansi/lembaga, ditulis dengan huruf kapital/huru besar
      2.       Alamat instansi/lembaga, ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil
      3.       Logo instansi/lembaga
                   b.      Tanggal dibuatnya surat
                   c.       Nomor, yakni urutan surat yang dikirimkan
                   d.      Lampiran, berisi lembaran lain yang disertakan selain surat
                   e.      Hal, berupa garis besar isi surat
                   f.        Tangga surat (penulisan di sebelah kanan sejajar dengan nomor surat)
                   g.       Alamat yang dituju (jangan gunakan kata kepada)
                   h.      Pembuka/salam pembuka (diakhiri tanda koma)
                   i.         Isi surat
                   j.        Penutup, berisi:
       1.       Salam penutup
       2.       Jabatan
       3.       Tanda tangan
       4.       Nama (biasanya disertai nomor induk pegawai atau NIP)
                   k.       Tembusan (jika ada), berupa penyertaan/pemberitahuan kepada atasan tentang adanya suatu 
                          kegiatan

            Ciri-ciri Surat Dinas
            - Isi singkat, padat, dan jelas
            - Format resmi, tidak bisa semaunya.
            - Menggunakan bahasa yang baku, sesuai EYD.
             
            Contoh surat dinas:

                         SMA Negeri 2 Tasikmalaya
Jalan Alun Laun No.2 Kota Tasikmalaya
No. Telp. (0265) 324 445
              __________________________________________________________________

                                                                                                       Surabaya,  20 Mei 2014


                        No               : 20 / SMA 2 Tasikmalaya/ 01/ 2013 5                              
                        Lampiran      : -
                        Perihal          : Undangan

                        Kepada Yth.
                        Orang tua/Wali siswa-siswi kelas XII
                        SMA Negeri 2 Tasikmalaya

                        Dengan hormat,
                        Dalam rangka meningkatkan pengetahuan para siswa siswi SMA 2 Surabaya. Khususnya kelas XII. Maka pada surat kali ini kami selaku badan pendidikan sekolah kami tercinta bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPS maupun IPA di luar sekolah. Adapun acara tersebut akan kami laksanakan pada :

                        Hari, tanggal          : Senin, 30 MEI 2013
                        Pukul                     : 08.00 s.d. 15.00
                        Tempat                  : Gedung Juang Tasikmalaya
                        Acara                    : Penelitian Tumbuhan Langka

                        Dengan undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian bapak ibu, kami ucapkan terima kasih.
                 
                                                                                            Tasikmalaya, 20 Mei 2013


                                                                                                                   Kepala Sekolah
                                                                                                       SMA N 2 Tasikmalaya
                                                                                                                           (ttd)


                                                                                                                  Salahudin, S.Pd


Sumber :

Maryati dan Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 2: untuk SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kisyani Laksono, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Bahasa Indonesia: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar